Thursday, January 13, 2011

Pre-match Analysis antara PJE vs. SMB di seri IV malam ini

Pertandingan antara Pelita Jaya Esia melawan Satria Muda nanti malam merupakan penentuan bagi kedua tim untuk merebut posisi puncak klasemen sementara NBL. Pasalnya, jika Pelita Jaya mampu mengalahkan SM nanti malam, mereka memastikan diri untuk bertengger di puncak klasemen sementara NBL sampai berakhirnya seri IV di Bali dengan 39 angka. Selain itu, jika PJE mampu mengalahkan SM malam ini, maka head to head record akan dimiliki PJE mengingat mereka mengalahkan SM pada pertandingan pertama di seri I Surabaya musim ini.

Namun itu bukanlah suatu hal yang mudah bagi PJE mengingat SM Britama merupakan langganan juara IBL dalam 10 tahun terakhir ini. SM memiliki core pemain yang sudah jadi dimana Rony G, Faisal, dan Amin merupakan tiga pemain yang sudah berpengalaman besar dalam kompetisi basket nasional. Mental juara pun sudah sangat melekat dalam diri mereka. Apalagi mereka dalam winning streak yang sangat bagus dengan 16 kali kemenangan secara beruntun sebelum pertandingan malam nanti.

Setiap lini akan menjadi matchup yang sangat seru dan berimbang untuk ditonton. Duel dua point guard nasional Kelly dan Faisal akan menjadi matchup yang sangat seru. Ary Chandra dan Amin juga akan saling bertukar tembakan mengingat keduanya adalah penembak jitu di NBL.

Pada pertandingan pertama antara kedua tim di Seri I, Surabaya, PJE menang dengan skor akhir 71-67. Malam itu menjadi duel milik Andy Batam dan Faisal dimana Batam mencetak 23 angka bagi PJE dan Faisal mencetak 25 angka bagi SM. Berikut adalah stats dari game tersebut:
PJE : FG: 28-75(37%) 3PTS: 9-24(37%) FT: 6-12(50%) REB: 33 AST: 14 STL: 13 PTS: 71
SMB : FG: 23-67(34%) 3PTS: 4-14(28%) FT: 17-30(56%)REB: 44 AST: 7 STL: 7 PTS: 67

Kita mengharapkan pertandingan yang cukup berimbang dari kedua tim malam ini. Hanya saja SM mungkin lebih mengandalkan inside game dari para big man mereka mengingat rata-rata tinggi badan mereka yang sedikit unggul dibandingkan PJE. Rony G, Cristian Sitepu, dan Welly Situmorang merupakan jangkar dari inside game SM. Tidak hanya itu, tembakan 3 angka SM juga cukup mematikan dari luar dimana Faisal dan Amin merupakan "deadly threat" dari jarak jauh. Bahkan Rony dan Sitepu sendiri sering melakukan tembakan jarak jauh, jadi defense PJE harus sangat berhati-hati dalam menjaga seluruh area mereka sendiri.

Di kubu PJE sendiri, Andy Batam secara perlahan sudah menemukan performa terbaiknya kembali. Tadi malam melawan CLS, dia melakukan 2 kali "clutch" 3 point yang sangat menentukan kemenangan PJE. Ary Chandra juga diharapkan menemukan performa terbaiknya yang selama 3 seri sebelumnya menjadi andalan PJE. Dari 2 game terakhir, Ary hanya memasukkan 4 dari 24 percobaan field goalnya. "Tangan gw lagi gak enak nih gripnya" ujar Ary setelah game melawan CLS semalam. Dimas Aryo pun juga harus berani melakukan drive-drive kedalam pertahanan SM yang cukup besar dan keras.

PJE malam ini harus bekerja keras dalam hal rebound karena SM sementara menjadi tim dengan rebound paling bagus di NBL dengan 44 rebound per game. PJ juga harus memaksimalkan seluruh free throw yang akan mereka lakukan malam ini. Tapi itu bukan hal yang berat mengingat PJ menjadi tim dengan persentasi free throw paling bagus di NBL dengan 65%. Stats kedua tim sejauh ini:
PJE: 19 games FG: 33% FT: 65% 3PT: 27% REB: 41 rpg TO: 15.6 STL: 13.6 PPG: 72.5
SMB: 18 games FG: 36% FT: 62% 3PT: 27% REB: 44 rpg TO: 19.4 STL: 10.6 PPG: 70.6

Semoga saja kemenangan penting atas CLS tadi malam meningkatkan moral para pemain PJE untuk malam ini. Ingat, head to head merupakan hal kedua yang dilihat jika kedua tim mempunyai nilai yang sama di klasemen NBL, maka kemanangan malem ini akan sangat berperan bagi kedua tim. Meski demikian, PJE dan SM masih akan bertemu sekali lagi di seri V Jakarta bulan Febuari mendatang. Good luck PJE untuk pertandingan malam ini.

No comments:

Post a Comment