Thursday, June 23, 2011

Preview Indonesia melawan Filipina Nanti Malam

Malam ini Indonesia akan menghadapi Filipina di hari kedua SEABA Championship. Kedua tim berhasil meraih kemenangan di hari pertama mereka dan sementara berada di posisi satu dan dua klasemen.

PR yang besar bagi coaching staff Indonesia dalam mempersiapkan pasukannya menghadapi Filipina nanti malam. Filipina memiliki size yang jauh lebih besar dibandingkan Indonesia dengan adanya center mereka Douthit dan juga Aguilar. Filipina memiliki inside game yang sangat bagus dan juga shooter-shooter yang mematikan. Point guard mereka Joseph Casio dan Andu Barroca sangat pandai dalam membaca situasi permainan.

Hal-hal itulah yang harus diwaspadai oleh para pemain Indonesia. Mereka tidak bisa tampil grogi seperti ketika melawan Singapura di kuarter kedua dan ketiga tadi malam. Kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan easy basket tidak boleh dilakukan karena kemungkinan hal itu sulit untuk didapat dalam menghadapi Filipina. Indonesia nampaknya harus banyak mencoba dan berharap tembakan-tembakan jarak jauh mereka akan berjalan bagus pada malam ini. Ingat, 29 percobaan tembakan tiga angka dicoba Indonesia tadi malam melawan Singapura dan nampaknya jumlah itu akan bertambah malam ini. Jika mereka mampu melesakkan sedikitnya 35% dari tembakan tiga angka mereka nanti malam, offense Indonesia akan hidup.

Hal menarik lainnya adalah starting V yang akan diturunkan coach Rastafari nanti malam. Melihat dari tempo permainan Filipina yang cukup cepat, nampaknya starting V malam ini akan sama dengan starting V tadi malam. Namun, Isman Thoyib yang tadi malam hanya bermain 53 detik, nampaknya akan lebih sering diturunkan untuk melakukan defense terhadap Douhtit. Apalagi jika para big man Indonesia mendapatkan foul trouble nanti malam.

Indonesia juga harus melimit turnover mereka. Transisi offense Filipina sangat bagus dengan didukung oleh para pemain mereka yang sangat cepat. Itulah hal-hal detail yang harus diperhatikan Indonesia untuk pertandingan nanti malam.  Semoga saja kemenangan berpihak kepada Indonesia hari ini mengingat Filipina lah lawan terberat kita di SEABA Championsip kali ini.

No comments:

Post a Comment