Thursday, June 23, 2011

Indonesia Raih Kemenangan Pertama di SEABA Championship

Indonesia meraih kemenangan pertama pada 9th SEABA Championship kemarin malam setelah berhasil mengalahkan Singapura dengan skor akhir 71-60. Dengan hasil ini, Indonesia berada di puncak klasemen bersama Filipina yang kemarin juga menang 97-71 atas Malaysia.

Indonesia tampil dengan penuh percaya diri di hadapan pendukungnya sendiri di Britama Arena, Kelapa Gading. Sejak tip off dimulai, Indonesia langsung bermain dengan tempo yang cukup cepat dengan menempatkan dua orang shooter di starting line up yaitu Andy Poedjakesuma dan Amin Prihantono. Mario Wuysang, Rony Gunawan, dan Christian Sitepu melengkapi starting V Indonesia tadi malam.  Indonesia pun unggul 16-14 sampai akhir kuarter pertama.

Di kuarter kedua, Singapura mulai menemukan ritme permainan mereka. Center mereka Pathman Matialakan nampak dengan mudah mengobrak abrik pertahanan di dalam key hole area Indonesia. Indonesia pun banyak melakaukan kesalahan sendiri, terutama dalam mengeksekusi serangan mereka sendiri. Beberapa kali nampak para pemain Indonesia gagal melesakkan lay-up yang seharusnya mudah untuk mereka selesaikan. Menurut coach Fictor Roring, hal ini disebabkan karena pemain Indonesia tampil terlaly hype (bersemangat). "Pemain kita tampil sangat hype di depan penontonnya sendiri. Kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan terjadi karena mereka terlalu bersemangat", ujar Ito seusai pertandingan. Sampai akhir kuarter kedua, Singapura unggul tipis 34-31.

Pada kuarter ketiga, Singapura bermain lebih lepas dan santai dalam menjalankan pola-pola serangan mereka. Indonesia pun nampak sedikit terbebani untuk meraih hasil maksimal pada pertandingan tadi malam. Untungnya, Ponsianus Indrawan yang tampil dari bangku cadangan berhasil mengisi peran Christian Sitepu yang terkena foul trouble di tengah kuarter ketiga. Ponsianus pun semalam menjadi pemain terbaik Indonesia dengan meraih 12 angka dan 10 rebounds. Indonesia tertinggal cukup jauh 48-54 sampai akhir kuarter ketiga.

Wellyanson Situmorang yang masuk di kuarter keempat memegang peranan penting bagi Indonesia dalam membalikkan keadaan. Defense Welly beberapa kali menyulitkan Singapura dalam mengembangkan offense mereka. Dengan bermain defense yang sangat bagus, Indonesia menemukan kepercayaan diri dalam melakukan offense. Singapura pun hanya berhasil meraih 6 angka di kuarter terakhir ini. Sampai akhir pertandingan, Indonesia menang 71-60.

Hari Jumat 24 Juni ini, Indonesia akan menantang Filipina yang kemarin juga meraih kemenangan atas Malaysia. Pertandingan akan berlangsung pkl 18.00 di Britama Arena. Sebelumnya, akan ada pertandingan antara Malaysia melawan Singapura pada pukul 16.00. Datang dan dukung tim Merah Putihmuu!!!

Stats Indonesia vs. Singapura:
INA FG:29-78 (37%) FT:9-17(53%) 3PT:4-18(22%) REB:34 AST:11 TO:16 STL:15 PTS: 71
SING: FG:19-49(39%) FT:18-28(64%) 3PT:4-13(31%) REB: 33 AST:7 TO:29 STL: 4 PTS: 60

No comments:

Post a Comment