Thursday, July 29, 2010

Squad Pelita Jaya untuk NBL 2010-2011

29 Juni 2010

Susunan pemain Pelita Jaya Esia untuk menghadapi NBL season 2010-2011 tidak mengalami banyak perubahan dibandingkan season lalu. Tetapi, masuknya Dimas Aryo Dewanto dari Bimasakti Malang diharapkan dapat menambah fire power Pelita Jaya yang memang membutuhkan pemain "swingman" yang dapat menerobos kedalam pertahanan lawan.

Di posisi 1, Kelly Purwanto yang baru saja pulih dari cedera pinngang akan menjadi point guard utama tim ini dengan Jullius Iroth dan Varories Palopo sebagai back up-nya. Ketiga point guard PJ ini bisa dibilang bukan point guard murni, namun size dan kemampuan tembakan mereka bisa menjadi keuntungan tersendiri dalam menghadapi lawan-lawan mereka. Mereka diharapkan mampu mengatur tempo permainan PJ, baik dalam mengatur pola maupun dalam melakukan fast break yang selama ini menjadi kunci penyerangan Pelita Jaya.

Posisi 2 menjadi salah satu senjata offense PJ dengan Ary Chandra dan Dimas sebagai pilihan utama coach Rastafari. Ary Chandra yang bertugas menjadi shooter di team ini diharapkan menjadi salah satu pemain yang akan berkontribusi banyak dalam hal scoring. Dimas pun diharapkan menjadi scoring machine di team ini jika dia mampu mendobrak pertahanan lawan dengan drive-drive kedalamnya yang akan memicu banyak foul dari team lawan. Sebagai back up di posisi 2, PJ memiliki Erick Sebayang dan Gian Gumilar yang tampil bagus pada ajang Pre-season kemarin di Malang.

Posisi 3 adalah posisi yang menurut gw paling krusial di team ini. Andy Batam yang akan segera fit untuk musim ini akan menjadi scorer utama Pelita Jaya dengan gerakan -gerakan off the ball-nya untuk mencari posisi kosong. Rusta Wijaya dan Romy Chandra merupakan pilihan kuat untuk mengisi posisi ketiga ini. Pengalaman Rusta dan Romy dalam offense maupun defense akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Pelita Jaya. Kontribusi rebound mereka pun akan sangat membantu tim PJ. Pemain lain yang akan menjadi back up di posisi ini adalah Yuliano Gandhi dan Harris Sogirin. Hustle Harris akan sangat diperlukan menghadapi lawan- lawan yang mempunyai size lebih tinggi seperti SM dan Aspac.

Posisi 4 akan ditempati oleh Koming yang bertugas dalam hal defense, rebounding, dan low-post scoring. Meski sedikit under-size, Koming diharapkan menjadi rebounder utama Pelita Jaya. Samuel Kurniahu yang menjadi back up di posisi ini juga mempunyai tugas besar dalam departemen rebound Pelita Jaya. Kemampuan shooting kedua pemain ini juga diharapkan menjadi keuntungan tersendiri bagi Pelita Jaya.

Posisi 5 akan menjadi posisi yang juga krusial bagi Pelita Jaya. Selain hanya memiliki 2 center, yaitu Fidyandini dan Yudhi Mardiyansyah, tinggi mereka pun sedikit under-size dibandingkan center team lain seperti SM, Garuda, dan Aspac. Namun, kemampuan mereka dalam menembak akan menjadi keuntungan bagi Pelita Jaya.

Overall, gw melihat tim ini sedikit under-size dibandingan tim besar lainnya. Manajer PJ Ronald Simanjuntak mengakui adanya kekurangan di posisi 5 Pelita Jaya. "Menurut saya semua sudah ok, hanya ada kekurangan sedikit di posisi 5, dikarenakan kita tidak ada back-up untuk Fidyandini" ujarnya. "Yang ada hanya bigman yang bukan pure center." Namun dia tetap optimis kalau tim ini akan mencapai hasil yang maksimal di NBL season 2010-2011. "Saya optimis akan menuju final, siapapun lawannya" tambahnya.

Menurut gw, kecepatan PJ dalam melakukan fast-break dan kemampuan tembakan dari luar mereka akan menjadi senjata yang ampuh dalam menghadapi lawan-lawan mereka. Kita berharap saja semua pemain PJ akan fit 100% dalam menhadapi season ini. Gw percaya PJ akan mencapai hasil yang maksimal. Good luck PJE.

Berikut adalah susunan lengkap squad PJE 2010-2011

#1 Joullius Iroth. Pos: PG
#3 Kelly Purwanto. Pos: PG
#5 Andy Poedjakesuma. Pos: SG/SF
#7 Rustawijaya. Pos: SF
#8 Erick Sebayang. Pos: PG/SG
#9 Romy Chandra. Pos: SF/PF
#10 Dimas Aryo. Pos: SG/SF
#11 Vavories Palopo. Pos: PG/SG
#12 Fidyandini. Pos: C
#13 Ponsianus Nyoman Indrawan. Pos: PF/C
#16 Samuel Kurniahu. Pos: PF
#21 Harris Sogirin. Pos: SF
#20 Gian Gumilar. Pos: SG/PG
#25 Ary Chandra. Pos: SG
#27 Yuliano Gandhi. Pos: SF/PF
#41 Yudhi Mardiyansyah. Pos: PF/C

2 comments: