Monday, August 9, 2010

Laporan pemulihan cedera MCL Andy Batam di Filipin


Jakarta, 10 Agustus 2010

Andy Batam, salah satu pemain kunci Pelita Jaya, saat ini sedang menjalani therapy pemulihan cedera MCL lututnya di Quezon City, Filipin. Sejak 22 Juni kemarin, gw ditugaskan oleh Pelita Jaya untuk ikut ke Filipin membantu Batam selama proses teraphynya disana. Andy Batam menderita cedera ini ketika ia membela Pelita Jaya Esia dalam ajang NBL pre-season melawan CLS di kota Malang, 7 Juli kemarin.

Awalnya, setelah melakukan MRI dan konsultasi di Jakarta, tim dokter menyatakan kalau Andy Batam mengalami cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) yang mengharuskan dia menjalani operasi dan teraphy selama kurang lebih 6 bulan. Cedera ACL sendiri merupakan jenis cedera yang cukup "common" diantara para atlit di seluruh dunia. Sebut saja Ronaldo (eks Inter Milan) dan Michael Owen (Liverpool) yang pernah mengalami cedera ini pada saat puncak karir mereka.

Namun, setelah bertemu dengan Dr. Canlas di Filipin, ia mengatakan bahwa Andy Batam hanya mengalami tear pada MCL (Medial Collateral Ligament)-nya. "Ini bukan cedera ACL dan Batam tidak perlu untuk dioperasi", ujar Dr. Canlas setelah menganalisa MRI Batam. "Batam mengalami sedikit tear di MCL dan perlu waktu sekitar 6 minggu therapy untuk memulihkannya".

Jelas ini merupakan berita baik untuk Pelita Jaya karena Batam bisa cepat pulih dan memperkuat PJE di NBL season 2010-2011 yang akan dimulai Oktober nanti. Batam pun bersyukur atas hal ini dan menyatakan kalau ia akan bersungguh-sungguh menjalani therapy pemulihan lututnyha. "Gw sih pengen stay di sini(Filipin) sampai lutut gw bener-bener sembuh, which is at least 4 mingguan", ujarnya setelah bertemu dengan Dr. Canlas.

Pusat therapy pemulihan Batam terletak di Moro Lorenzo gym, di dalam Ateneo University, Quezon City, Filipin. Tempat ini sudah sangat terkenal di kalangan atlit baik dari Filipin maupun dari Indonesia karena sudah banyak sekali pasien penderita ACL dan MCL yang melakukan therapy disini. Selain fasilitas yang lengkap dan memadai, para therapist di Moro Lorenzo ini terlihat proffesional sekali dalam menangani para pasiennya. Setiap harinya, sekitar 5-10 orang datang ke tempat ini untuk melakukan therapy. Therapist yang bekerja di gym ini pun berjumlah sekitar 10 orang, jadi setiap pasiennya akan mendapatkan perhatian penuh selama therapy session berlangsung.

Andy Batam menyatakan kalau therapy di Moro Lorenzo ini sangat berbeda dengan apa yang ia peroleh jika melakukan therapy di Indonesia. "Disini memang terlihat lebih proffesional, dan para therapist-nya pun tau betul tentang apa yang ia lakukan", ujar Batam seusai session latihan pertamanya. Progress-nya pun terlihat semakin baik dari hari ke hari. Batam yang tidak bisa menekuk lututnya pada beberapa hari pertama terlihat lebih mobile dalam bergerak setelah menjalani 4 hari therapy. Bahkan, di minggu kedua Batam sudah bisa melakukan banyak latihan beban di gym.

Kennedy (Sir Ade), merupakan therapist yang membantu Batam selama pemulihan di Moro Lorenzo. Ia menyatakan kalau proses penyembuhan MCL Batam akan memakan waktu sekitar 4-5 minggu untuk benar-benar pulih. "MCL tear merupakan cedera yang akan sembuh sendiri, namun tugas kita disini adalah bagaimana menguatkan otot paha dan betis Batam untuk mensupport MCL-nya", ujar Sir Ade. Memang setelah diukur untuk pertama kalinya setelah cedera, otot paha kiri Batam lebih kecil 2 cm dibandingan otot kanannya (cedera MCL Batam ada di kaki kiri). Ini membuktikan bahwa setelah mengalami cedera, kaki kiri Baam benar-benar melemah karena pembengkakan pada MCL-nya. Nah, tujuan utama dari therapy Batam ini adalah menguatkan kembali otot paha dan betis kaki kiri Batam untuk menopang lutut yang yang mengalami cedera kemarin.

Kita semua berharap kalau Andy Batam akan segera pulih total dari cederanya dalam beberapa minggu mendatang. Tinggal gimana dia melanjutkan program therapy-nya di Jakarta. Sir Ade berjanji akan memberi sejumlah program yang bisa Batam lakukan sendiri seusai therapynya di Filipin. Tantangan terakhir Batam adalah bagaimana mengatasi sedikit trauma pada lututnya dengan perlahan-lahan berlatih kembali di lapangan basket. Lekas sembuh Batam!!

No comments:

Post a Comment