Thursday, July 8, 2010

Pelita Jaya raih kemenangan pertama mereka pada NBL Pre-season tournament


Malang 9 Juli 2010

Pelita Jaya Jakarta berhasil meraih kemenangan pertama mereka di ajang NBL Pre-season tournament setelah berhasil mengalahkan Muba IM Sumsel dengan skor akhir 70-61. Meskipun tampil tanpa 3 pemain utama mereka yang sedang mengalami cedera, Pelita Jaya berhasil menguasai pertandingan mulai dari awal sampai akhir pertandingan. Andy Batam yang mengalami cedera lutut melawan CLS kemarin, tidak bisa memperkuat timnya untuk sisa pre-season tournament ini, sedangkan Ary Chandra yang mengalami sedikit demam siang ini, kemungkinan akan kembali beraksi di pertandingan berikutnya untuk PJ.

Pelita Jaya memulai pertandingan dengan tempo yang cukup tinggi setelah Joullious berhasil mencetak 2 tembakan 3 angka di awal quarter pertama. PJ sore tadi terlihat lebih berpola dan lebih sabar dalam mengeksekusi serangan, namun defense mereka masih terlihat sedikit lemah seperti melawan CLS kemarin. PJ berhasil menutup quarter pertama dengan keunggulan 20-14.

PJ terlihat sedikit kehilangan arah dan melakukan banyak turnover di quarter kedua. Rusta Wijaya yang menjadi pemain terbaik PJ dengan 16 angkanya terlihat sering kali gagal mengeksekusi tembakan bebas pada pertandingan ini. Secara tim PJ memang terlihat sering kali gagal dalam free throw attempt mereka, hanya 9 angka dari 20 kesempatan yang mereka perolah melalui free throw line. IM sendiri berhasil meningkatkan tempo permainan mereka di quarter kedua dan beberapa kali melesakkan tembakan 3 angka yang membuat kedudukan menjadi ketat 35-32 masih untuk keunggulan PJ.

Semi man to man defense yang diperlihatkan PJ di quarter ketiga berhasil meredam offense IM dalam mengeksekusi tembakan 3 angka. Asisten pelatih Koko mengakui kalau zone defense memang menjadi andalan PJ untuk meredam offense lawan-lawan mereka. "Zone defense semi man to man memang menjadi senjata kami dalam melakukan defense terutama di babak kedua", ujarnya setelah pertandingan. Guard Pelita Jaya Gian juga tampil bagus off the bench dengan memberikan energi yang berbeda bagi offense mereka. PJ pun berhasil menutup quarter ketiga dengan keunggulan 55-50 untuk mereka.

Transisi offense Pelita Jaya yang sangat cepat di quarter keempat membuat IM cukup kesulitan dalam melakukan defense. Gian, Gandhi, Rusta, Harris, dan Koming menjadi pemain utama PJ di quarter terakhir pertandingan ini. PJ pun menutup pertandingan dengan skor akhir 70-61.

Secara tim, PJ berhasil melesakkan 36% tembakan tiga angka mereka (9-25). Rebounding juga menjadi kunci kemenangan mereka dengan perbandingan 44 melawan 32 untuk keunggulan PJ. Rusta menjadi pencetak angka terbanyak dengan 16 angka dan 9 rebounds sementara Koming menyumbang 11 angka dan 6 rebounds bagi PJ. Gian yang tampil baik sebagai back-up point guard menambahkan 10 angka dan 3 rebounds.

Hari Sabtu 10 Juli 2010, PJ akan bertemu Angsapura Salatiga pada lanjutan tournament NBL pre-season ini. PJ harus memenangkan sisa pertandingan mereka jika ingin melaju ke babak 4 besar tournament ini. Memang bukan tugas yang gampang, namun jika anak-anak PJ bisa bermain hustle seperti pada quarter keempat melawan IM sore tadi, kemungkinan apapun bisa terjadi.

No comments:

Post a Comment