Saturday, March 12, 2011

Pre-match Analysis antara Pelita Jaya Esia vs. Aspac pada perebutan juara tiga NBL Indonesia 2010-2011 Championship Series sore nanti


Setelah kalah di semifinal hari Kamis kemarin, Pelita Jaya sekarang mempunyai misi terakhir di Championship Series tahun ini yaitu memburu posisi ketiga NBL Indonesia 2010-2011. Untuk mendapatkannya, mereka harus berjuang melawan Aspac Jakarta yang kalah dari Satria Muda pada semifinal Jumat kemarin. Pertandingan ini akan berlangsung hari Minggu, 13 Maret 2011 pkl 18.00 di DBL Arena, Surabaya.

Performa buruk PJE pada pertandingan semifinal Kamis kemarin memang harus segera dilupakan. Pada team meeting di hotel Oval Jumat malam kemarin, seluruh pemain PJE meyatakan siap berperang melawan Aspac untuk meraih posisi ketiga ini. Pak Syailendra Bakrie, owner PJE, menyatakan bahwa dia mengerti mengenai performa buruk PJE pada pertadingan melawan CLS kemarin dan berharap anak-anak bisa bangkit pada pertandingan sore nanti. "Saya ngerti kok kalau penampilan kita kemarin emang gak bisa diapa-apain lagi, itu memang bukan harinya kita. Tapi kita harus tunjukkin kepada fans dan seluruh keluarga kita kalau kita bangga menjadi anggota Pelita Jaya Esia dengan merebut juara ketiga", ujarnya pada team meeting kemarin.

Meski demikian, pertandingan melawan Aspac nanti sore bukanlah hal yang mudah bagi PJE. Jika tampil seperti melawan CLS pada semifinal kemarin, maka anak-anak PJE pasti akan menemukan kesulitan berhadapan dengan Aspac yang mempunyai rata-rata size lebih besar dari PJE. PJE harus melakukan start pertandingan lebih baik dan segera menemukan ritme permainan mereka pada kuarter pertama. Hal yang harus dihindari adalah ketika PJE takluk dari Aspac pada seri V Jakarta kemarin dimana Aspac mulai menekan PJE sejak tip-off dilakukan dan anak-anak PJE tidak bisa menemukan pola mereka sampai akhir pertandingan.


Head-to-head antara kedua tim di Regular Season berpihak pada Pelita Jaya Esia. Dari ketiga game yang dilakukan, PJE unggul tipis 2-1. PJE menang atas Aspac pada seri II Bandung 63-59 dan seri III Solo 68-63, dan Aspac membalas pada seri V Jakarta dengan skor 60-68. Berikuta adalah stats kedua tim dari ketiga pertandingan di Regular Season:

Pelita Jaya Esia
FG:65-208(31%) 3PT:10-48(21%) FT:51-78(65%) REB:122(40.6 rpg) AST:20(6.7apg) STL:25(8.3spg) BLK:7(2.3bpg) PTS:191(63.7ppg)

Aspac Jakarta
FG:69-225(31%) 3PT:18-53(34%) FT:34-58(59%) REB:115(38.3rpg) AST:39(13apg) STL:33(11spg) BLK:8(2.7bpg) PTS:190(63.3ppg)

Jika dilihat dari stats diatas, perbandingan kedua tim memang sangat ketat. Dilihat dari FG% dan jumlah points, maka pertandingan nanti sore pasti akan seru untuk disaksikan. Pelita Jaya lebih unggul dalam hal FT% dan rebounding namun aspac lebih baik dalam hal assist dan steal. Point guard Kelly Purwanto harus berhati-hati dalam menguasai bola karena Mario Gerungan merupakan salah satu point guard yang handal dalam hal steal.

Match-up yang seru akan terjadi pada posisi shooting guard dimana 2 scorer yaitu Ary Chandra dan Xaverius Prawiro akan saling berhadapan. Namun untuk hal defense, nampaknya Dimas Aryolah yang akan menjaga Xaverius pada pertandingan sore nanti. Dalam hal offense, Ary Chandra dan DImas Aryo adalah pemain paling produktif PJE dari ketiga game melawan Aspac di Regular Season. Mereka berdua masing-masing mencetak 13.7 ppg melawan Aspac. Sementara Xaverius menjadi andalan Aspac ketika berhadapan dengan PJE dengan rata-rata points 16.7ppg.


Big man PJE yaitu Fidyandini dan Ponsianus Indrawan diharapkan mampu mematikan pergerakan Isman Thoyib. Jika dibiarkan masuk terlalu dalam, makan Thoyib akan dengan mudah melakukan aksi slam dunk ke jatung pertahanan PJE. Semoga para pemain PJE mampu memancing Thoyib dengan melakukan drive-drive kedalam dan mengharapkan Thoyib melakukan foul di beberapa kuarter awal pertandingan.

Pertandingan nanti sore diperkirakan cepat dan kedua tim pasti akan berjuang mati-matian untuk mendapatkan posisi ketiga NBL Indonesia Championship Series tahun ini. Tim dengan semangat dan mental yang lebih kuat pasti akan memenagkan pertandingan nanti sore. Semoga saja Pelita Jaya Esia mampu bangkit dari kekalahan semifinal kemarin dan meraih posisi 3 NBL tahun ini. #LETSGOPJE

No comments:

Post a Comment