Monday, March 21, 2011

Pelatnas Basket Putra Indonesia Mulai Berjalan

Pelatnas Indonesia kemarin melakukan training camp pertama mereka di Hall A Senayan. Ke 24 pemain yang masuk seleksi tim nasional melakukan latihan dibawah bimbingan World Basketball Academy yang diketuai oleh Andrew Flahov. World Basketball Academy sendiri merupakan akademi bola basket yang berasal dari Australia.

Pelatihan yang diberikan oleh WBA tidak hanya ditujukan kepada teknik seorang pemain. Mereka memiliki program khusus yang dipadukan dengan teknologi untuk mengukur kemampuan seorang atlit. Lompatan, sprint, dan kekuatan fisik seorang pemain bisa mereka ukur dan menerapkan program khusus untuk meningkatkan kemampauan setiap pemain tersebut. Salah satu trainer dari WBA menegaskan kalau skill bagus seorang pemain tidak menjamin mereka menjadi seorang pemain tim nasional. "Pemain dengan skill bagus namun tidak mempunyai kemauan dan fisik bagus tidak pantas untuk berada dalam sebuah tim", ujar Paul Rogers (Physical Trainer WBA).

Pada sesi latihan pertama kemarin, WBA meminta para pemain Pelatnas untuk melakukan Pushup test, Leg Squat test, Hurdle jump test, dan Lane Agility test. Latihan yang mereka lakukan kemarin nampak sangat berat namun semua pemain terlihat menikmati suasana hari pertama. Beberapa pemain mengakui kalau latihan yang diberikan oleh WBA berbeda dengan Pelatnas tahun-tahun sebelumnya. "Latihan kali ini berbeda banget dengan tahun 2005 dan 2007" ujar Welyanson Situmorang.

Tim WBA ini akan berada di Jakarta selama 5 hari pada bulan Maret. Selain WBA, bulan Mei nanti juga akan ada NBA Camp yang akan berlangsung pada tanggal 1 sampai 5 Mei. Pelatnas pun akan kembali berlatih bersama tim WBA pada bulan Mei di Perth, Juli di Jakarta, dan balik lagi ke Australia pada bulan Oktober.

Selain training camp, Pelatnas juga akan try out tanding ke beberapa negara di Asia seperti Singapura pada bulan Juni, Malaysia pada bulan September, dan Thailand pada bulan Oktober. Jepang juga menjadi salah satu negara tujuan, namun dengan kondisi sekarang ini, mungkin akan diganti ke negara lain di Asia.

Ke 24 pemain yang mengikuti seleksi Pelatnas sekarang akan dipotong menjadi 18 pemain pada akhir Maret. Dari ke 18 pemain tersebut akan dipotong lagi menjadi 15 pemain utama yang akan membela Indonesia pada bulan Juni. Siapa saja ke 15 pemain tersebut? Ikuti terus update dan berita Pelatnas Indonesia di blog ini dan juga twitter @PelatnasBasket dan @pelitajayaesia. Maju terus basket Indonesia!!

1 comment: