Saturday, February 5, 2011

Pre-match Analysis antara PJE vs. SMB di seri V Jakarta nanti sore


Pertandingan antara Pelita Jaya Esia melawan Satria Muda nanti malam akan sangat menarik karena kedua tim sama-sama mengincar posisi puncak klasemen sementara NBL 2010-2011. Pelita Jaya berpeluang mengambil alih posisi puncak klasemen jika mereka berhasil mengalahkan Satria Muda nanti malam. Pelita Jaya yang sekarang mengemas 40 angka, tertinggal 1 angka dibelakang SMB yang sementara memiliki 41 angka. Jika PJE menang nanti malam, kedua tim akan sama-sama memiliki 42 angka, namun PJE akan berada di posisi teratas karena mereka unggul head-to-head terhadap SMB.

Pada 2 pertemuan mereka sebelumnya musim ini, Pelita Jaya berhasil mengalahkan Satria Muda di seri I Surabaya dengan skor 71-67, dan di seri IV Denpasar kemarin dengan skor 71-60. Dari 2 pertandingan tersebut, Andy Batam merupakan pemain paling produktif bagi PJE dengan rata-rata 13 ppg. Ary Chandra yang tampil on fire di pertandingan kedua dengan 25 angkanya, juga diharapkan kembali bermain bagus malam ini bagi Pelita Jaya Esia.

Memang terlihat jelas bahwa size badan dari Satria Muda lebih tinggi dibandingkan para pemain Pelita Jaya. Namun hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi PJE dimana mereka bisa mengandalkan tembakan-tembakan dari luar yang selama 2 game sebelumnya menjadi penentu kemenangan PJE terhadap SMB. Para big man SMB seringkali telat dalam merotasi defense mereka dan menutup shooter-shooter PJE. Tercatat 18 dari 56 percobaan tembakan 3 angka yang Pelita Jaya hasilkan dalam 2 pertandingan sebelumnya (32%).

Hal lain yang Pelita Jaya harus lakukan adalah menutup pergerakan Rony Gunawan. Mereka berhasil melakaukan ini di 2 game sebelumnya dimana Rony hanya mampu mencetak 10ppg. Faisal Ahmad juga harus diwaspadai karena dialah pemain yang mencetak angka paling banyak ketika berhadapan dengan PJE (19.5 ppg). Kelly Purwanto dan Dimas Aryo harus berkonsentrasi penuh dalam melakukan defense terhadap Faisal.

Keuntungan lain yang dimiliki Pelita Jaya adalah banyaknya pemain di roster yang bisa saling mengisi satu sama lain. Artinya, pemain starter dan bench Pelita Jaya bisa saling mengisi selama 40 menit tanpa mengurangi kualitas dan tempo permainan PJE. Sedangkan bagi Satria Muda, mereka kurang lebih hanya mengandalkan 8 pemain dari roster mereka. Terlihat di 2 game sebelumnya mereka sedikit kendor di kuarter ketiga dan keempat karena tidak adanya pelapis dari starting V mereka.

Berikut adalah stats PJE dan Aspac dari 2 pertemuan mereka musim ini:

PJE: FG: 52-148(35%) 3PT: 18-56(32%) FT: 20-33(61%) REB: 72 AST: 30 STL: 19 PTS: 142
SMB: FG: 43-146(29%) 3PT: 6-28(21%) FT: 35-58(60%) REB: 94 AST: 16 STL: 16 PTS: 127

Semoga anak-anak PJE bisa bangkit dari kekalahan semalam melawan Aspac dan mengalahkan Satria Muda Britama sore hari ini. #LETSGOPJE

No comments:

Post a Comment