Wednesday, October 27, 2010

Recap dan stats PJE di NBL Indonesia Seri 1, Surabaya


Seri I di Surabaya kemarin merupakan awal yang baik bagi Pelita Jaya Esia dalam membuka NBL season 2010-2011 ini. Rekor sempurna 5-0 yang mereka peroleh bisa menjadi modal mental yang sempurna untuk perjalanan season ini kedepannya. Banyak dari fans basket Indonesia yang mungkin masih meragukan kemampuan tim ini dalam menghadapai persaingan tim-tim papan atas lainnya, namaun kemenangan atas CLS, Aspac, dan Garuda di seri 1 bisa menjadi bukti bahwa tim ini sungguh serius dalam mendapatkan gelar perdana NBL di Indonesia.

Pengambilan Dimas Aryo Dewanto pas off seoason kemarin pun langsung terlihat hasilnya. Pelita Jaya yang sebelumnya lebih mengandalkan shooting- shooting dari luar terlihat lebih bervariasi dalam melakaukan serangan. Penetrasi- penetrasi yang dilakukan Dimas membuat gaya permainan PJE lebih menarik. Andy Poedjakesuma yang sebelumnya punya beban untuk melakukan tugas itu kini terlihat lebih santai sebagai seorang shooter.

Tampil tanpa center utama mereka, Fidyandini, tidak membuat interior offense dan defense mereka melemah. Tampak bahwa tim ini sekarang mempunyai mental yang jauh lebih baik dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Andy Poedjakesuma, salah satu pemain paling senior di PJE mengungkapkan hal yang senada. "Kelihatan sih sekarang anak-anaka mentalnya udah berbeda, kalau situasi di lapangan sedang tegang, mereka terlihat lenih tenang dalam mengeksekusi offense maupun defense", ujarnya di Surabaya kemarin.

Dilihat dari statistik seri pertama kemarin, bisa dilihat bahwa tim PJE selalu start bagus di setiap pertandingan mereka. Mereka memperoleh rata- rata 20.4 ppg di kuarter pertama. Sedangkan lawan mereka hanya bisa memperoleh rata- rata 13.2 ppg di kuarter awal. PJE juga selalu menutup pertandingan dengan penampilan yang baik di kuarter keempat dengan 17 ppg berbanding 12.4 ppg bagi lawan- lawan mereka.

Andy Poedjakesuma menjadi leading scorer tim ini dengan 11.6 ppg diikuti oleh Ary Chandra dengan 10.8 ppg. Kelly menjadi leading rebounder dengan 5.6 rpg dan Romy Chandra menjadi pencatat assist terbanyak dengan 2.8 apg.

Berikut adalah leader dari tim PJE seri I Surabaya kemarin:
Points per game: Andy Poedjakesuma 11.6
Assist per game: Romy Chandra 2.8
Rebounds per game: Kelly Purwanto 5.6
Steals per game : Dimas Aryo Dewanto 2.4
Block per game : Andy Poedjakesuma 1.0
Field Goal % : Harris Sogirin (62.5 %)
3 Point FG %: Yuliano Gandhi (36 %)
Free Throw % : Ary Chandra dan Samuel Kurniahu (75%)
Total Points PJE : 351 (70.2)
Total Points lawan : 278 (55.6)

1 comment:

  1. peningkatan yang fantastis untuk musim ini..
    emainnya lebih kompak, ngak seperti tahun kemarin yang cuma mengandalkan andi batam doank

    ReplyDelete