Thursday, October 14, 2010

NBA China Games 2010 (Day 2)


Jakarta, 14 Oktober 2010

Hari kedua perjalanan kami ke Beijing dalam rangkaian acara NBA China Games 2010 dimulai dengan perjalanan menuju hotel Ritz-Carlton Beijing, tempat dimana tim Houston Rockets menginap. Tiba disana sekitar pukul 9.30 pagi, Pak Diko, Pak Azrul, dan Pak Bambang berharap bisa berjumpa dengan para pemain Rockets terutama Yao Ming dan Kevin Martin. Beruntung, Pak Azrul dekat dengan Ketua NBA Security yang memberi ijin kepada kami untuk berjumpa langsung dengan Kevin Martin, shooting guard andalan Houston Rockets.

Satu per-satu pemain Houston turun ke lobby guna menjalani shootaround yang dijadwalkan siang itu. Ketika Yao Ming keluar dari lift lobby, nampak dari jauh sosok pemain basket yang memang memiliki tinggi badan luar biasa untuk seorang atlit. Namun, sifat pemalu serta penjagaan ketat terhadap dirinya, membuat kita sulit untuk mendekat kepada Yao. Beruntung Pak Azrul, Pak Diko, dan Pak Bambang berhasil mendapatkan satu foto bersama Yao. "Yang penting tujuan kesini sudah tercapai, yaitu foto bersama Yao," ungkap Pak Azrul setelah berfoto dengan Yao.

Selain Yao, Kevin Martin juga menghampiri rombongan kita karena Pak Azrul memang sudah cukup kenal dekat dengannya. Waktu itu Kevin Martin pernah datang ke Surabaya dalam rangkaian acara DBL. Meski dia seorang superstar NBA, hal itu tidak membuat Kevin Martin menjadi seorang yang sombong. Dengan senyum dan karisma yang baik, ia bersedia menandatangani sejumlah poster dan asesoris yang dibawa oleh Pak Diko dan Pak Azrul. Pak Diko juga berhasil mendapat tanda-tangan dari salah satu pemain muda Houston, Jordan Hill.

Semua kegiatan pagi itu di hotel Ritz-Carlton bisa dibilang cukup berhasil. Semua yang diharapkan mulai dari foto Yao Ming sampai berjabat tangan dengan Kevin Martin sudah diperoleh. Hanya Aaron Brooks, point-guard Rockets tidak terlihat di lobby pagi itu.

Malam harinya, kami semua menuju ke Wukesong Arena untuk menyaksikan game pre-season antara Rockets melawan Nets. Wukesong Arena merupakan stadion basket yang digunakan pada olimpiade Beijing 2008 lalu. Bentuk stadion ini terlihat cukup simple dari depan. Berbentuk seperti kotak dilapisi bambu menjadi bangunan yang amat menarik untuk sebuah stadion basket. Tidak modern, namun juga tidak terlihat seperti bangunan kuno.

Pertandingan yang dijadwalkan mulai pukul 20.00 itu memang sudah dinanti-nantikan oleh masyarakat basket China dimana bintang favorit mereka, Yao Ming akan bermain malam itu. Nets sendiri membawa rookie 1st round mereka, Derrick Favors, yang diharapkan bisa membawa tim ini dari keterpurukkan musim lalu. Mantan pelatih Spurs, Avery Johnson pun dikontrak Nets untuk meramu tim ini ke arah yang lebih baik.

Sekitar 17,000 penonton membanjiri Wukesong Arena malam itu. Yao Ming hanya mampu bermain 19 menit karena memang ia sedang menjalani masa-masa pemulihan dari cedera yang menghantuinya 2 season belakangan ini. Pertandingan pre-season ini diakhiri dengan kemenangan untuk Houston 91-81.

Kevin Martin menjadi pencetak angka terbanyak untuk Rockets dengan 18 angka. Aaron Brooks menambah 17 angka bagi tim Rockets. Sementara itu Brook Lopez menjadi pencetak angka terbanyak bagi Nets dengan 22 angka dibantu oleh Terrence Williams yang mencetak 20.

Game rabu kemarin memang terlihat cukup timpang dimana Rockets terlihat lebih kuat dan kompak sebagai tim. Semoga saja New Jersey Nets bisa membenahi diri mereka untuk season ini dan menjadi salah satu kuda hitam dari East. NBA China Games berikutnya akan berlangsung di Guangzhou, China, Sabtu ini.

No comments:

Post a Comment