Monday, June 28, 2010

Hustle defense Jakarta Selection menangkan mereka atas Beijing


Jakarta 24 Juni 2010

Jakarta Selection (Pelita Jaya Esia) berhasil meraih kemenangan pertama mereka di “Enjoy Jakarta” Basketball tournament setelah mengalahkan Beijing dengan skor akhir 73-65. Kemenangan ini membuka peluang yang besar bagi Jakarta Selection untuk melaju ke babak semifinal.

Tampil tanpa 2 pemain bintangnya Kelly dan Koming, Jakarta Selection langsung memegang kendali di awal pertandingan dan memimpin 18-12 di akhir quarter pertama. Meski rata-rata pemain Beijing yang memang sedikit jauh lebih tinggi dibandingan para pemain Jakarta, mereka gagal memanfaatkan kelebihan mereka karena hustle defense yang cukup keras diperlihatkan anak-anak Jakarta Selection. Hal tersebut mengakibatkan banyak turnover bagi Beijing dengan total 23 selama pertandingan malam kemarin.

Adjustment offense dilakukan oleh Beijing pada quarter kedua dengan memainkan sekaligus 2 center mereka yang mempunyai tinggi badan lebih dari 2 meter. Hal ini cukup menyulitkan defense Jakarta Selection yang sering kali melakukan foul terhadap terobosan-terobosan yang dilakukan oleh 2 center Beijing tersebut. Tercatat ada 26 fouls yang dilakukan oleh para pemain Jakarta Selection selama pertandingan yang mengakibatkan 37 lemparan free throw bagi Beijing yang 29 diantaranya masuk. Sampai akhir quarter kedua Jakarta Selection masih unggul tipis 39-38.

Jakarta Selection terlihat sedikit kehilangan arah pada quarter ketiga dengan melakukan banyak turnover dan Beijing berhasil memanfaatkan kesempatan ini untuk berbalik memimpin 55-50 di akhir quarter ketiga.

Keadaan berubah menjadi milik Jakarta Selection setelah mereka berhasil melakukan 10-0 run di awal quarter keempat. Di bawah pimpinan Andy Batam yang mengemas 15 angka dan 9 rebounds, terlihat pasukan Jakarta Selection lebih terorganisasi dalam melakukan defense di akhir-akhir pertandingan. Beijing terlihat mandul di quarter keempat dan hanya berhasil melesakkan 2 dari 21 percobaan tembakan 3 angka mereka selama pertandingan.

Kamis hari ini Jakarta Selection sekali lagi akan diuji kecepatannya dalam menghalau serangan- serangan dari tim Seoul, Korea. Pertandingan yang akan berlangsung pukul 18.00 di GOR Soemantri ini akan menjadi test yang sangat sulit bagi fisik Jakarta Selection mengingat mereka telah melakukan pertandingan selama 4 hari berturut-turut terhitung dari eksebisi ITHB di Bandung mulai Minggu kemarin. Semoga saja fisik anak-anak Jakarta Selection bisa mengimbangi permainan cepat para pemain Seoul.

No comments:

Post a Comment