Tuesday, August 9, 2011

Persiapan Pelita Jaya Esia Menjelang NBL Pre-Season Malang September Mendatang

Memasuki bulan puasa di hari ke 10 ini, Pelita Jaya Esia tetap serius dalam mempersiapkan diri mereka menjelang Pre-Season NBL Indonesia yang akan dimulai tanggal 22 September mendatang. Setiap harinya mereka berlatih dari hari Senin sampai Jumat di GOR Bulungan. Mereka-pun telah melakukan dua kali scrimmage game meskipun hasilnya kurang memuaskan pada dua game tersebut.

Hari Jumat 5 Agustus kemarin, Pelita Jaya Esia menelan kekalahan 74-86 atas MUBA IM Sumsel di GOR Bulungan, Jakarta Selatan. Dan pada hari Selasa 9 Agustus kemarin, Pelita Jaya juga harus menelan kekalahan 50-62 atas Satria Muda Britama.

Tampil tanpa 6 pemain yang sedang mengikuti Pelatnas, Pelita jaya terlihat kurang solid dalam 2 pertandingan scrimmage game tersebut. Kelly Purwanto dkk. sering sekali melakukan turnover terutama ketika melawan Satria Muda Britama. Mungkin hal ini bisa dimaklumi karena beberapa dari pemain PJE sedang menjalankan ibadah puasa. Namun hal itu juga terjadi pada tim lawan bukan?

Pelita Jaya Esia juga mempunyai masalah rawan pada posisi 4 (power forward) dan 5 (center). Kepergian Romy Chandra, Ponsianus Indrawan, dan Fidyan Dini ke Pelatnas menyebabkan posisi 4 dan 5 PJE pincang. Hanya Yudhi Mardiyansyah dan Samuel Kurniahu yang mampu mengisi posisi tersebut. Tinggi badan Samuel pun bisa dibilang under-size untuk seorang power forward. Hal ini menyebabkan PJE sering sekali kalah rebound seperti pada 2 scrimmage game kemarin.

Rookie PJE Daniel Wenas dan Yudho Amiraz juga nampak belum matang untuk melakukan semua pola yang akan dipergunakan PJE untuk musim NBL mendatang. Untungnya PJE memiliki beberapa pemain senior seperti Harris Sogirin, Kelly Purwanto, Erick Sebayang, dan Vavories Palopo yang mampu mengimbangi kepincangan rookie-rookie PJE.

Masalah yang dihadapi PJE sekarang adalah bagaimana memaksimalkan ke-12 pemain yang ada di roster sekarang ini (minus 6 pemain di Pelatnas) untuk mampu bertarung sampai final four di Pre-Season NBL Malang nanti. Tampil tanpa Andy Batam, Dimas Aryo, Ponsianus Indrawan, Ary Chandra, Romy Chandra, dan Fidyan Dini di NBL Pre-Season pastinya akan menyulitkan roster 12 pemain yang akan berangkat ke Malang. Coach Rastafari pun tidak bisa ikut ke Malang karena dia sibuk mempersiapkan Timnas untuk Sea Games bulan November mendatang.

Untuk urusan kepelatihan, coach Koko Heru dan Ali Budimansyah lah yang akan bertanggung jawab menangani tim PJE selama Pre-Season di Malang nanti. Pelita Jaya Esia pasti akan berusaha sekuat mungkin untuk menembus Final-four meski tampil tidak dengan kekuatan penuh.

Berikut adalah perkiraan pemain yang akan memperkuat Pelita Jaya Esia di NBL Pre-Season Malang:
Kelly Purwanto  
Vavories Palopo
Gian Gumilar
Erick Sebayang
Juliano Gandhi
Daniel Wenas
Yudho Amiraz
Samuel Kurniahu
Nickylaus
Yudhi Mardiyansyah
Harris Sogirin

1 comment: