Wednesday, August 17, 2011

Indonesia Gagal Meraih Kemenangan Pertama dalam Rangkaian Uji Coba Mereka di Filipina

Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan pertama mereka dalam rangkaian uji coba di Filipina setelah takluk dari San Sebastian College (salah satu tim NCAA di Filipina) dengan skor akhir 70-73. Pertandingan ini merupakan pertandingan pertama dari tujuh game yang akan dilakukan oleh Timnas Indonesia dalam jangka waktu 9 hari.

Tampil dengan starting line-up Mario Wuysang, Andy Poedjakesuma, Amin Prihantono, Christian Sitepu, dan Rony Gunawan, Indonesia sulit mengimbangi kecepatan para pemain muda Filipina di awal pertandingan. Bahkan tim San Sebastian langsung memainkan tempo cepat yang membuat mereka unggul 7-0 untuk membuka kuarter pertama.

San Sebastian College sendiri adalah tim yang saat ini menduduki puncak klasemen NCAA di Filipina dengan rekor 8 kali menang dan belum pernah terkalahkan. Mereka juga memiliki pemain-pemain muda yang sangat berbakat dan bahkan tiga diantara mereka adalah calon kuat pemain yang akan memperkuat Filipina di Sea Games XXVI mendatang.

Indonesia sempat beberapa kali berusaha menyusul ketinggalan mereka pada kuarter kedua dan ketiga, namun usaha mereka untuk mendapatkan momentum selalu berhasil dipatahkan oleh para pemain San Sebastian College. Defense San Sebastian sangat bagus yang menyebabkan Indonesia banyak mencoba tembakan-tembakan tiga angka. Hal ini adalah problem utama Indonesia sejak SEABA bulan Juni lalu dimana mereka terlalu mengandalkan tembakan-tembakan tiga angka  tanpa berani melakukan tusukan-tusukan kedalam jantung pertahanan para pemain Filipina.

San Sebastian pun sempat unggul 15 angka di awal kuarter keempat sebelum para pemain Indonesia melakukan sedikit run di akhir pertandingan yang menyebabkan mereka hanya tertinggal 1 angka. Sayang Ary Chandra gagal melesakkan tembakan tiga angka di sisa 5 detik pertandingan untuk menyamakan skor. Pertandingan pun berkesudahan untuk keunggulan tim San Sebastian College.

Permainan Indonesia sudah cukup membaik pada pertandingan uji-coba hari ini. Hal ini diakui oleh Asisten Manajer Andiko Purnomo yang menyaksikan langsung pertandingan malam tadi. "Sebenarnya anak-anak sudah tampil cukup solid, sayangnya Tim San Sebastian lebih nyaman dalam melakukan offense terhadap defense kami. Mereka terlihat menikmati pertandingan malam ini," ujar Andiko.

Indonesia akan melakukan pertandingan kedua mereka pada hari Rabu 17 Agustus besok melawan LaSalle University yang juga merupakan salah satu tim College yang cukup kuat di Filipina. Semoga mereka lebih cepat beradaptasi untuk pertandingan besok dan membuka kuarter pertama dengan defense yang lebih bagus. Pertandingan ini akan berlangsung di LaSalle Gym pada pukul 19.30-21.30.

No comments:

Post a Comment