Monday, August 1, 2011

Latihan Tim Nasional dan Rencana Try-out ke Filipina

Memasuki bulan puasa ini, Tim Nasional Indonesia merubah jadwal latihan rutin mereka untuk menyesuaikan dengan para atlet yang sedang menunaikan ibadah puasa tersebut. Latihan pagi yang biasanya dilakukan setiap hari mulai pukul 8.00-10.00, dikurangi menjadi 2 kali seminggu yaitu pada hari Senin dan Kamis. Sementara latihan sore yang biasanya berlangsung pukul 15.00-18.00, diubah menjadi 15.30 sampai waktu berbuka puasa setiap harinya.

Perubahan waktu latihan ini diharapkan bisa mengurangi beban para atlet yang sedang menjalankan ibadah puasa. Intensitas latihan pun pasti tidak seberat waktu normal sebelum dan sesudah bulan puasa. Menanggapi hal ini, shooting guard Dimas Aryo tidak merasa keberatan dengan masih adanya latihan pagi setiap hari Senin dan Kamis. "Latihan pagi sih normal bagi para atlet. Dalam beberapa kali latihan juga badan kita akan menyesuaikan diri untuk menahan rasa haus", ujar Dimas.

Pengaturan jadwal di bulan puasa ini sangat penting bagi coaching staff Timnas Indonesia mengingat performa dan fisik para pemain harus tetap dijaga selama bulan suci ini. Para coaching staff pasti menginginkan stabilitas fisik setelah liburan Lebaran nanti mengingat kompetisi FIBA Asia akan segera digelar akhir bulan September mendatang.

Salah satu cara mereka untuk mempertahankan stabilitas fisik para pemainnya sebelum liburan Lebaran adalah dengan mengajak tim Nasional Indonesia ini melakukan try put di Filipina pada tengah bulan Agustus ini. Rencananya mereka akan terbang ke Manila dan melakukan latihan serta latihan tanding sebanyak 7 game disana dalam waktu 9 hari. Mereka juga akan melawan tim-tim perguruan tinggi disana serta tim-tim PBA D-League (Devisi 2).


Try out ke Filipina ini sangat penting karena lawan terberat Indonesia di SEA Games XXVI nanti tidak lain adalah Filipina. Dengan try-out ini, tim Indonesia diharapkan belajar banyak tentang gaya permainan para pemain Filipin. Untuk info lebih lanjut tentang try-out Tim Nasional ke Filipin, follow terus blog ini atau di twitter kami @PelatnasBasket dan @pelitajayaesia .

No comments:

Post a Comment