Friday, August 19, 2011

Hari Keempat Tim Nasional Indonesia di Filipina

Di hari keempat perjalanan Timnas Indonesia ke Filipina, mereka kembali menemukan tantangan keras ketika menghadapi salah satu tim PBA Development League yaitu Cebuana. Timnas pun harus menelan kekalahan untuk ketiga kalinya dalam try-out di Filipina setelah menyerah 66-71 dari Cebuana. Starting V yang diturunkan pada pertandingan siang tadi adalah Rony Gunawan, Ponsianus Indrawan, Mario Wuysang, Xaverius Prawiro, dan Amin Prihantono.

Sebenarnya pertandingan berjalan berimbang dimana kedua tim bermain keras dan saling bertukar angka demi angka. Permainan keras inilah yang memang harus dilatih Timnas terus menerus mengingat pertandingan di Sea Games nanti tidak berbeda jauh dengan pertandingan yang selama
ini dicoba di Filipina.

Offense Indonesia juga masih sering mengandalkan tembakan-tembakan jarak jauh dimana Amin, Andy Batam, Ary Chandra, dan bahkan Rony Gunawan berkali-kali mencoba tembakan tiga angka. Para big-man Indonesia masih sering terlihat panik bila mereka melakukan serangan melalui low-post area. Justru para pemain Cebuana lebih berani dalam melakukan tusukan-tusukan kedalam meskipun dijaga dua sampai tiga pemain Indonesia.

Pemain Indonesia yang tampil bagus pada siang hari ini adalah Mario Wuysang, Rony Gunawan, dan Ary Chandra. Ary berkali-kali melakukan penetrasi kedalam yang memudahkan dia untuk melakukan tembakan jarak dekat. "Ary Chandra bermain baik hari ini. Beberapa kali terlihat dia mampu mengecoh defense Cebuana. Persaingan di posisi shooting guard semakin bagus untuk tim Indonesia", ujar Coach Rastafari seusai pertandingan.

Rastafari juga mengungkapkan bahwa power forward Ponsianus Indrawan harus lebih berani dalam melakukan low-post offense. "Komink beberapa kali terlihat kurang percaya diri untuk melakukan one on one. Seharusnya setelah dia menerima bola harus langsung balik badan dan berusaha untuk mencetak angka", ujar Coach Rastafari.

Dengan hasil ini, rekor sementara Tim Nasional Indonesia dalam perjalanan try-out ke Filipina adalah 1-3 (sekali menang, dua kali kalah). Sabtu besok Timnas kembali akan melakukan pertandingan try-out melawan salah satu tim Universitas di Filipina yaitu Lyceum. Pertandingan akan berlangsung di Lyceum Gym pada pukul 15.00-17.00
waktu Filipina.

No comments:

Post a Comment