Monday, September 19, 2011

3 Hari Menjelang NBL Indonesia 2011-2012 Pre-Season Tournament

Pelita Jaya Esia tengah bersiap untuk menghadapi NBL Indonesia 2011-2012 Pre-Season tournament yang akan berlangsung Jumat minggu ini di GOR Bimasaki, Malang. Pelatih Ali Budimansyah menegaskan bahwa ketidakhadiran 6 pemain bintang PJE yang sedang mengikuti Pelatnas basket Indonesia tidak akan menurunkan percaya diri tim Pelita Jaya Esia untuk tampil maksimal di NBL Pre-Season nanti. " Gw yakin tim ini bisa bagus, apalagi kita berada di group yang cukup menguntungkan dengan hanya adanya CLS dan Stadium sebagai saingan terberat kita di group B", tegas Ali Budimansyah seusai latihan kemarin.

Memang absennya Andy Batam, Ary Chandra, Romy Chandra, Fidyan Dini, Dimas Aryo, dan Ponsianus Indrawan cukup mengurangi kekuatan PJE yang tahun lalu menjadi juara 3 NBL 2010-2011. Namun banyaknya rookie yang masuk seperti Daniel Wenas, Yudho Amiraz, dan Rifky (Ichi), bisa member warna tersendiri kepada tim PJE di NBL Pre-Season nanti. Pelita Jaya juga harus menunjuk kapten sementara selama ditinggal Romy Chandra yang sedang bertugas ke tim nasional. Erick Sebayang ditunjuk oleh pelatih Ali Budimansyah dan Koko Heru sebagai kapten tim PJE di Malang nanti.

Sementara kurangnya point guard di tim Pelita Jaya Esia juga menjadi masalah tersendiri bagi tim ini. Setelah ditinggalkan Joullius Iroth yang retire 2 bulan lalu, Pelita Jaya masih belum mencari pengganti Joullius sebagai pelapis Kelly Purwanto di posisi 1. Kelly sendiri mengalami cedera pinggang di beberapa minggu ini yang membuatnya absen di beberapa pertandingan uji coba Pelita Jaya menjelang NBL Pre-Season nanti. Namun terus berkembangnya Gian Gumilar dan Vavories Palopo sebagai "playmaker" membuat pelatih Koko Heru yakin mereka bisa mengganti peran Joullius. "Gian dan Popo bisa menjadi pelapis point guard yang bagus untuk Kelly", ujar Koko Heru.

Tidak hanya itu, Pelita Jaya Esia juga minim pemain di posisi 4 dan 5 (power forward dan center). Samuel Kurniahu dan Yudhi Mardiyansyah hanyalah 2 pemain murni yang berangkat ke Malang sebagai posisi 4 dan 5. Dengan demikian, pelatih PJE harus pintar-pintar memutar rotasi squadnya apalagi jika Samuel dan Yudhi terkena foul trouble di game mereka di Malang. Harris Sogirin dan Yuliano Gandhi harus siap bermain di posisi 4 dan 5 jika mereka memang dibutuhkan.

Berikut adalah perkiraan starting V Pelita Jaya Esia di NBL Pre-Season Malang nanti:
PG: Kelly Purwanto
SG: Erick Sebayang
SF: Vavories Palopo
PF: Samuel Kurniahu
C: Yudhi Mardiyansyah

No comments:

Post a Comment